Film Sejarah Dokumenter

Film Sejarah Dokumenter

Pemilihan film sejarah dapat menjadi pengalaman yang menarik bagi sejarawan di dalam diri Anda. Ada beberapa kriteria mudah yang dapat Anda gunakan untuk mempersempit pilihan. Sangat penting bahwa film memenuhi tiga kriteria ini. Sebuah film yang memenuhi ketiga kriteria ini cenderung sangat dihargai.

Film dokumenter tentang ini adalah film sejarah yang sangat mungkin dianggap sebagai film pendidikan, karena banyak sarjana dan siswa akan menonton film ini. Beberapa orang melangkah lebih jauh dengan menyatakan bahwa film dokumenter tentang periode waktu atau seseorang yang hidup di masa lalu adalah pendidikan, bahkan jika itu bukan film pendidikan. Sementara yang lain akan menganggap film dokumenter yang dibuat oleh non-pendidik sebagai film yang sangat mendidik dan bermanfaat.

Yang mengatakan, dalam hal film pendidikan, kriterianya lebih subyektif. Kualitas dan maksud film juga harus dipertimbangkan. Film yang dibuat dengan niat baik mungkin ditempatkan bersama film-film yang sangat mendidik. Jenis film yang dibuat oleh seorang siswa atau sarjana akan memiliki berbagai interpretasi oleh sejarawan dan orang lain, tergantung pada pendapat pribadi dan sudut pandang mereka.

Film Sejarah Layar Lebar

Ini adalah masalah kompleks yang melibatkan berbagai film sejarah yang tersedia saat ini, seperti film dokumenter, film layar lebar, film dokumenter, film Americana, film biografi, film dokumenter tentang periode waktu, film fiksi sejarah, film pasca-apokaliptik, film bisu, dan banyak lagi. lebih. Sangat penting bahwa film dokumenter tentang periode waktu dipandang sebagai pendidikan. Ada orang yang menganggap film tentang Perang Dunia II sebagai pendidikan, sementara yang lain menganggapnya sebagai penggambaran perang yang tidak akurat.

Sangat mungkin bahwa film dokumenter tentang periode waktu dapat mendidik dan menghibur. Ada banyak film sejarah di luar sana yang berusaha mendidik dan menghibur, sementara film yang paling akurat berusaha untuk menjadi campuran antara hiburan dan pendidikan.

Berbagai jenis film terbuka untuk interpretasi, termasuk apa artinya mendidik atau menghibur. Sangat penting bahwa penonton memahami bahwa ada kritik terhadap film dokumenter dan film, yang akan selalu menyebutnya tidak mendidik. Untuk alasan itu, orang tidak boleh berasumsi bahwa film dokumenter adalah penggambaran yang akurat dari subjek.

Kulitas Film Dokumenter

Apa persyaratan untuk membuat film dokumenter? Ya, film itu harus dibuat oleh seorang mahasiswa atau profesor, dan Anda perlu memiliki semacam pengalaman dalam pembuatan film, serta pemahaman yang baik tentang proses pembuatan film. Kualitas film adalah faktor lain.

Sebelum Oscar, atau sutradara utama Hollywood, membuat film dokumenter, banyak penelitian dan faktor-faktor lain harus dipertimbangkan. Proses dimulai ketika film ditulis tentang subjek. Jika subjek film memiliki banyak kontroversi, maka hampir dapat dipastikan bahwa itu akan diterima dengan buruk, karena dapat mengakibatkan “propaganda.”

Jika film ini dibuat dengan niat besar, dan membahas subjek sejarah dengan cara yang tulus, maka dapat dianggap sebagai representasi akurat dari realitas sejarah. Ini sangat penting, terutama dalam film dokumenter tentang subjek sejarah, seperti Lincoln. Dalam hal itu, film dokumenter dibuat dengan niat besar, oleh seorang siswa dari subjek, yang termasuk pemain all-star, bukan film propaganda, dan juga tidak kontroversial.

Film Pengetahuan Sejarah

Film-film yang dibuat oleh para sejarawan, dengan ideologi yang berbeda, tidak persis sama tetapi memiliki benang merah yang dibuat oleh seseorang dengan pengalaman dalam membuat film. Jenis-jenis film ini lebih cenderung didistribusikan, tetapi biasanya tidak dianggap sebagai film pendidikan.

Intinya adalah bahwa film dokumenter tidak “mendidik” ketika dibuat oleh orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang sejarah, karena banyak kelas sekolah berfokus pada membuat ini terjadi. Sama pentingnya untuk memahami bahwa sejarah adalah subjek yang kontroversial, dan banyak sejarawan meyakini hal-hal tertentu tentang apa yang sebenarnya terjadi, terutama jika dilihat dari sudut pandang politik. Fakta bahwa sebuah film mungkin kontroversial atau tidak tergantung pada sudut pandang Anda, dan maksud dari film tersebut, dan pada apa minat Anda.

Ada banyak film sejarah, baik dokudram maupun film panjang, yang mendidik dan menghibur. Untuk membuat film sejarah adalah salah satu upaya paling memuaskan yang dapat dimiliki. dan akan memalukan jika seseorang harus memilih film dokumenter untuk membuat mereka melupakan hal itu.

Baca juga : Film Aksi Hebat